Ingatlah Doa Yang Pernah Terucap

Saat anda mengeluh, ingatlah doa-doa yang pernah terucap. Ada seorang gadis buta yang membenci dirinya karena ia tidak bisa melihat. Ia membenci semua orang termasuk kekasih yang setia mendampinginya. Ia berkata pada kekasihnya bahwa bila dia melihat dunia, ia akan menikahi kekasihnya.

Suatu hari dia mendapatkan donor mata dan ia bisa melihat dunia yang begitu luas. Sang kekasih pun bertanya, “Kini setelah kau bisa melihat semuanya, maukah kau menikah denganku?

Sang gadis melihat kekasihnya dan terkejut karena mengetahui kekasihnya buta. Ia pun menolak untuk menikahinya. Dengan patah hati, sang pria meninggalkan wanita itu dan beberapa hari kemudian mengirimkannya surat yang mencengangkan bagi sang kekasih. “Tolong jaga baik-baik sepasang mataku yang kini jadi milikmu, Sayang.”

Kisah diatas adalah sebuah gambaran mengenai perubahan dalam otak manusia ketika statusnya berubah. Banyak orang lupa dengan apa yang mereka katakan dan siapa yang selalu ada disisi mereka saat mereka sedang dalam masa sulit.

Kita selalu melantunkan doa-doa, namun juga menerimanya dengan syarat. Seperti sang gadis yang bisa melihat lagi, saat doanya terkabul, ia menelan ludahnya sendiri dan mengecewakan dia yang selalu ada disampingnya.

Ibarat kita yang berdoa jungkir balik agar mendapatkan jodoh. Namun setelah mendapatkan jodoh, kita menyia-nyiakannya kebaikannya, mengeluh dia tak seperti ini atau seperti itu. Ada pula yang berdoa tengah malam agar rejeki lancar. Begitu terkabulkan dan menjadi mapan, lupa untuk menggunakannya dengan bijak. Malah mengeluh masih banyak hal yang belum bisa didapatkan.


Berapa kali kita mengemis lewat doa namun saat diberi kita seperti lupa siapa kita sebelumnya?  berapa kali kita memohon didekatkan jodohnya namun saat diberi malah menyakiti dan menyia-nyiakannya?

Hidup ini adalah anugerah atas doa-doa yang kita panjatkan dan perbuatan-perbuatan yang kita lakukan. Syukuri dan jagalah saat mereka datang. Tak ada hal yang sempurna, namun selalu ada hal yang terbaik yang dianugerahkan pda kita.

Tidak ada komentar: